Sihiteezra's Weblog

Love the Life You Live&Live the Life You Love

Membacalah…Pikiranpun Terbukalah

leave a comment »

fs-1.jpg

Kalau bisa diibaratkan, mungkin kita seperti orang-orang yang bergelantungan di pohon sementara  orang-orang Finlandia adalah manusia modern yang menjadi pemilik pohon-pohon tempat kami bergelantungan. Ini rasanya saat Finlandia berada di peringkat tertinggi dalam bidang pendidikan sementara Indonesia adalah bangsa terbawah. Padahal kalau dipikir-pikir jam pelajaran sekolah anak-anak Indonesia itu cukup lama dalam sehari. Sekolah lanjutan atas bisa-bisa pulang pukul tiga sore setiap harinya.

Kesimpulannya pasti rasa malu. Tapi berkubang dalam rasa malu itu terus-menerus tidak akan memperbaiki keadaan. Memang  pasti ada yang salah dengan sistem pengajaran sebab kalau ditilik-tilik tidak jarang manusia Indonesia ini yang pintar bahkan cerdas. Sayang sekali kami anak-anak didik bangsa ini menjadi korban.

Tidak susah untuk ditebak kalau orang Indonesia tidak terbiasa dengan budaya baca. Faktor ini menjadi faktor pembanding yang menunjukkan statistik yang akan sangat bertolak belakang dengan negara-negara yang bersistem pendidikan baik. Setiap orang di Indonesia pada umumnya belajar untuk uang atau untuk mendapatkan pekerjaan. Pantas saja kalau saat membaca buku pelajaran yang terbayang mungkin iming-iming menjadi figur “berduit banyak” dan buku-buku di luar pelajaran tak penting lagi untuk diperhatikan.

Jikalau memang ingin berilmu maka pelajarilah ilmu demi ilmu itu sendiri seperti seni untuk seni “ l’art pour l’art”. Uang, kemakmuran dan kesejahteraan akan hadir mengikutinya. Budaya baca memang harus segera digalakkan terutama bagi generasi muda Indonesia. Dengan membaca maka akan membentuk kerangka berpikir yang sistematis dan berlatih untuk menarik pesan dari setiap wacana. Spontanitas dan terlatih menjadi kunci sebuah kualitas berpikir yang tidak akan pernah terbeli. Mungkin bukan dalam waktu yang cepat membuat 85% penduduk Indonesia berlangganan koran seperti di Finlandia. Namun dengan memulai menaburkan benih-benih cinta membaca, bukan mimpi kalau kita pun bisa mendapatkan kebanggaan seperti mereka.

Written by Me

March 15, 2008 at 11:49 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: