Sihiteezra's Weblog

Love the Life You Live&Live the Life You Love

Celah Gelap Modernitas

leave a comment »

Banyak orang menganggap bahwa orang zaman dahulu kuno, aneh dan tidak istimewa sama sekali. Kesombongan akan modernitas begitu melekat dan menghantui hidup zaman ini. Sadar tidak sadar modernisme yang ditelan bulat-bulat sebenarnya menjadi kanker yang menggerogoti nilai-nilai kehidupan manusia dan disisi lain, manusia tidak berarti apa-apa tanpa nila-nilai itu.

    Sekarang orang mampu berhadapna dengan mesin-mesin tanpa mengingat ada manusia di sekitarnya. SEorang wanita dapat menangis sendiri hanya dengan menonton film romantis sendirian hanya dengan mesin audiovisual di rumahnya. Sementara itu orang-orang tidak lagi mengharga informasi karena begitu mudahnya tersebar di mana-mana. Seorang remaja dapat tinggal berhari-hari dalam kamarnya, berkutat dengan internet tanpa menyadari problem manusiawi yang sedang terjadi di luar kamar itu. Oeang-orang tidak lagi menghargai pertemuan dengan orang lain karena begitu cepatnya mesin-mesin transportasi dapat mengantarkan mereka. Orang-orang tidak lagi mengharga perubahan musim karena setiap kebutuhan dapat dicukupi dengan adanya pengawetan tanpa menanti musim yang berubah.

    Hilang sudah rasa yang menghasilkan sensai istimewa, apapun bisa diperoleh tanpa harap-harap cemas dan penantian mendebarkan. Kapanpun dan dimanapun, mesin-mesin memenusi kebutuhan manusia membuai generasi tipa generasi semakin manja dan kehilagan apresiasi akan diri orang lain bahkan tidak mampu mengapresiasi diri sendiri. Modernitas bukanlah hal yang harus disesali tetapi sewajarnya diwaspadai. Dibalik sisi terangnya yang menyilaukan, terdapat sisi gelap yang mengancam manusia menjadi tidak manusiawi. Padahal manusia bukanlah manusia tanpa manusia lain.

Written by Me

September 5, 2008 at 11:35 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: