Sihiteezra's Weblog

Love the Life You Live&Live the Life You Love

Fosfor Putih Menerangi Gaza

leave a comment »

 

 

Militer Israel dituduh menggunakan fosfor putih yang berbahaya dalam serangannya ke Jalur Gaza. Mereka membantah.news_5182007_112719_am

 Ini temuan pemantau hak asasi manusia di Amerika Serikat yang kemudian dikutip banyak kantor berita. Kata mereka, dalam agresinya ke Jalur Gaza, militer Israel telah menggunakan fosfor putih, bom yang bisa menyala dengan hebat  dan dilarang oleh Konvensi Geneva 1980. Tuduhan tersebut dialamatkan kepada pihak militer Israel setelah dua ahli medis yang menolong korban perang di Gaza mengatakan bahwa mereka telah melihat secara jelas tanda ledakan DIME, jenis senjata baru, yang tak lain adalah fosfor putih.

“Tindakan amputasi mengerikan dan brutal yang harus dilakukan bukan karena luka akibat pecahan peluru melainkan disebabkan oleh penggunaan senjata jenis pospor putih,” kata  Mads Gilbert, salah seorang ahli medis.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh Komite Palang Merah Internasional (ICRC) dan para petugas kesehatan yang menangani korban pertempuran di Gaza. Dr Yousef Abu Rish ahli medis Palestina di Khan Younus mengatakan bahwa Israel telah menggunakan fosfor putih dalam serangan yang mereka lakukan ke Khouz. Dalam serangan setidaknya 60 warga mengalami luka bakar serius. “Orang-orang tersebut terbakar disekujur tubuh mereka dan itu semua hanya bisa disebabkan oleh penggunaan fospor putih,” kata Yousef seperti dikutip BBC.

Para penggiat HAM menyebutkan, mereka melihat militer Israel menggunakan fosfor putih dalam serangannya di Gaza pada 9 Januari dan 10 Januari, di dekat kamp pengungsi Jabaliya. Beberapa foto dan rekaman video menurut mereka juga menunjukkan ciri- ciri penggunaan fosfor putih dalam bom yang digunakan oleh tentara Israel.

 

Tentu saja keterangan dari para medis tadi, tak lalu menjadi satu-satunya alasan penggiat dari pemantau HAM itu mengambil kesimpulan tentang penggunaan fosfor putih. Keterangan para dokter tadi juga dicocokkan dengan keterangan para ahli militer, antara lain penjelasan dari Marc Galarsco pengamat militer senior di Amerika.

 

Saya bisa mengatakan itu semua berdasarkan hasil ledakan dan kobaran api yang ditimbulkan oleh senjata tersebut. Jika fosfor putih ini terkena kulit, ini akan membakarnya sampai ke tulang. Selain itu, racun yang dikeluarkan juga akan menyebabkan luka yang bisa meracuni seluruh tuubuh, “ kata Galarsco kepada jaringan televisi Al Jazeera.

Keterangan Galarsco sesuai dengan temuan ICRC. Menurut ICRC, bukti bahwa Israel menggunakan bom fosfor adalah terlihatnya indikasi-indikasi yang merupakan ciri-ciri penggunaan jenis bom tersebut. Dengan bom fosfor maka target ( jalur Gaza ) akan terlihat terang sekalipun dalam gelap malam. “Jelas sekali mereka memakai fosfor di jalur Gaza,” kata Peter Herby kepala unit ICRC kepada kantor berita AP.

Israel Menolak

Apa yang disebut sebagai fosfor putih merupakan bahan kaku yang bisa nyala dengan hebat dan menghasilkan asap yang cukup besar. Dalam bidang militer, zat ini mempunyai dua fungsi utama. Pertama, digunakan untuk menciptakan asap yang ditujukan untuk melindungi maneuver tentara dari pengawasan musuh. Asap ini juga bisa diguanakan untuk menandai satu lokasi.

 

Kedua, fosfor putih juga bisa digunakan sebagai senjata atau bom pembakar terhadap kekuatan musuh. Jika fosfor putih ini dinyalakan dari udara pada sasaran yang sudah ditentukan maka areal darat yang berada di bawahnya akan bertabur percikan dari partikel terbakar. Percikan-percikan itulah yang kalau menempel pada pakaian atau kulit, bisa mengakibatkan terjadinya kebakaran kimia luar biasa.  Kebakaran itu baru berhenti hingga percikan partikel tadi hilang atau habis terbakar.

 

Dalam beberapa kasus, fosfor putih juga diketahui  bisa membakar hingga tulang. Dan luka bakar yang ditimbulkan menimbulkan luka menakutkan. Bila zat fosfor putih terhirup, ia bisa menyebabkan luka bakar dalam tubuh.

Itu sebabnya penggunaan fosfor putih kemudian dilarang digunakan dalam peperangan. Penggunaannya  hanya diperbolehkan dengan alasan untuk menghalangi pandangan musuh terhadap pergerakan pasukan itu pun dilakukan hanya  dengan cara mengasapi medan pertempuran. Tentu saja Israel menolak meneken kesepakatan pelarangan itu dan terus menggunakan fosfor putih melengkapi persenjataan mereka. Tel Aviv berdalih, fosfor putih hanya akan digunakan oleh militer  secara terbatas.

Faktanya  tentara Israel diketahui bukan hanya dalam serangan ke Gaza  menggunakan fosfor putih. Dalam serangan yang mereka lakukan ke Lebanon selama 34 hari tiga tahun lalu, militer Israel bahkan mengakui mereka memang menggunakan fospor putih. Alasan mereka  saat itu, penggunaan pospor putih adalah untuk menyerang Hezbollah karena saat itu perang dilakukan di medan terbuka. Namun menurut Presiden Lebanon Emil Lahoud, fosfor putih telah digunakan untuk membantai masyarakat sipil Lebanon.

 

Negara lain yang juga pernah menggunakan fosfor putih adalah Amerika. Militer Amerika menggunakannya dalam pertempuran di Falujah Irak empat tahun lalu. Pihak militer semula membantah menggunakan fosfor putih, tapi belakangan mereka mengakui dan mengatakan penggunaan senjata itu adalah sah dalam pertempuran yang mereka lakukan.

 

Benarkah Israel menggunakan fosfor putih dalam serangan ke Gaza? Kata Herby sebtulnya bukan hal aneh jika  fosfor putih digunakan hanya untuk menerangi target dan menimbulkan asap di daerah serangan. “Namun belum ada bukti lain apakah Israel menggunakan fosfor untuk tujuan lain,” kata Gilbert.  AFP/agus triyono/ezra sihite

Dikutip Sepenuhnya dari Koran Jakarta 18 Januari 2009

 

 

 

 

 

 

Written by Me

January 19, 2009 at 10:37 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: