Sihiteezra's Weblog

Love the Life You Live&Live the Life You Love

Demi Menonjolkan Pinggang

leave a comment »

Ikat Pinggang Ini Bisa Diaplikasikan Dalam Berbagai Kesempatan: Kasual Dengan Padanan Jins, Simple Top, Cardigan, Short Hingga Dengan Tunik Dan Busana Formal. Bisa Juga Untuk Busana Kerja Dengan Blazer Atau Suit.prodImage.ms

http://cdn.is.bluefly.com/mgen/Bluefly/prodImage.ms?productCode=2081827&width=300&height=300


Ikat pinggang ini bisa diaplikasikan dalam berbagai kesempatan: kasual dengan padanan jins, simple top, cardigan, short hingga dengan tunik dan busana formal. Bisa juga untuk busana kerja dengan blazer atau suit.

Tiba-tiba wide belt, ikat pinggang lebar itu. Ini atribut atau pernak-pernik busana perempuan yang hingga sekarang tetap dianggap bisa membuat penampilan pemakainya terlihat lebih cantik. Wide belt yang dikenakan dengan kombinasi tepat, dengan rok pencil dan atasan panjang misalnya, akan membuat penampilan perempuan semakin proporsional dan terlihat lebih anggun.

Sama dengan tren-tren mode yang lain, sabuk lebar ini sebetulnya juga hanya pengulangan dari yang sudah-sudah. Dua tahun silam wide belt kembali dikenalkan di peragaan busana musim gugur lalu berlanjut pada peragaan busana musim panas tahun berikutnya dijadikan pelengkap gaun-gaun pendek bercorak bunga yang ramai itu. 
Dan beda dengan zaman-zaman sebelumnya, sabuk lebar itu kini muncul dengan aneka bahan, warna dan corak. Memberi kesan vintage pada gaun-gaun musim panas yang ceria. Lihat misalnya patent leather belt berbagai ukuran dan gaya yang muncul dengan warna-warna makin terang, yang cocok untuk busana-busana musim gugur dan dingin yang berwarna-warna netral. 
Atau ornate buckle, gaya wide belt yang muncul dengan berbagai cantolan perak, timah, emas, tembaga dan berbagai bahan lain. Double buckles, jenis ikat pinggang dengan aksen paduan dua ikat pinggang tapi sebenarnya menyatu. Juga skinny belt yang tak terlalu lebar itu sehingga menjadi aksen sederhana pada pinggang dan pinggul perempuan. 
Ada pula equestrian, ikat pinggang yang tampak lebih kasar, maskulin dan kuat dengan warna-warna netral dan bahan kulit. Gayanya lebih klasik, seolah menghidupkan kesan androgyny jika dipadankan dengan blazer, bahan rajut, dan jaket.
Lalu saat musim kampanye pemilu presiden tahun silam, Michelle Obama termasuk perempuan yang sering terlihat melengkapi penampilannya dengan wide belt. Warnanya hitam mengilap dililitkan pada pinggangnya yang dibungkus gaun ungu tanpa corak dan lengan. Tubuh semampai dan langsing Michelle memang tak bermasalah mengenakan jenis busana apa pun dan wide belt yang cenderung melebar justru membentuk pinggangnya. 

Benar, wide belt memang dimaksudkan untuk menonjolkan pinggang. Rusly Tjohnardi, perancang busana yang kebanyakan mendesain busana perempuan itu malah menganggap wide belt akan memberi kesan trendi, kosmopolitan dan fashionable. “Sebaiknya dikenakan oleh usia 14 sampai 40-an karena enggak akan terlihat pas untuk orang tua yang sudah tidak fit lagi,” katanya.

Ikat pinggang ini bisa diaplikasikan dalam berbagai kesempatan: kasual dengan padanan jins, simple top, cardigan, short hingga dengan tunik dan busana formal. Bisa juga untuk busana kerja dengan blazer atau suit. Tak hanya wide belt bahan kulit yang bisa jadi pilihan, ada bahan suede, karet elastis, satin dan pita.

Wide belt dengan model buckle, logam mengilap itu misalnya malah bisa menonjolkan sisi feminin perempuan dan juga glamour. Jika hendak terlihat lebih perempuan, wide belt yang agak kecil dan tak banyak detail bisa dikenakan di garis torso atau posisi di bawah garis payudara.

Saat mengenakan wide belt dengan buckle yang ramai atau bahan logam sebaiknya hindari pemakaian aksesori dari bahan logam, agar tak berlebihan,” kata Gregg Andrews, Direktur Nordstrom, peritel fesyen dari Amerika. 

Untuk busana sehari-hari, Andrews merekomendasikan cardigan lebih tepat dikenakan dengan wide belt. Kesan bahan cardigan yang memanjang dan menutupi sebagian besar bagian tubuh, tinggal diberi bentuk dengan menambahkan wide belt.

Sabuk lebar ini menurut Andrews karena itu, dianggap tak cocok bagi mereka yang kebetulan memiliki postur tubuh kecil. Menurutnya, sabuk lebar itu di tubuh perempuan kecil malah bisa menenggelamkan pinggang penggunanya. “Ikat pinggang (memang) bisa menonjolkan lekuk pinggang tapi bisa juga menonjolkan kekurangan postur tubuh,” kata Andrews.

Namun menurut Rusly, yang paling penting diperhatikan sebetulnya bentuk pinggang, bukan soal tinggi badan, karena wide belt memiliki ukuran tersendiri yang bisa dipilih oleh yang berpostur tinggi atau pendek. “Yang enggak bagus kalau pinggang sudah besar kemudian masih ditambah wide belt,” katanya. ezra sihite


Retro Klasik hingga Glamour
Beberapa hal yang perlu diperhatikan bila ingin tampilan sempurna dengan wide belt.

Ikat pinggang mestinya salah satu trik untuk menonjolkan lekuk di pinggang. Dan wide belt yang biasanya bercorak rumit pada bagian buckle ibarat penyeimbang. Dengan wide belt konon perempuan bisa tampil dengan berbagai gaya: retro klasik, glamour, feminin dan maskulin, sesuai busananya. Namun penggunaan yang salah, yang kurang tepat, bisa membalikkan semua penampilan.

Inilah beberapa hal yang mesti diperhatikan jika hendak mengenakan sabuk lebar, wide belt itu:

-Jika ingin masuk ke berbagai warna busana, pilih wide belt berwarna netral. Misalnya warna hitam. Warna-warna seperti putih, cokelat, abu-abu dan krem juga bisa jadi pilihan. Yang penting, baik warna busana ataupun wide belt saling bertolak belakang, seolah berlawanan.
-Untuk tunik atau bercorak, sebaiknya pilih wide belt yang polos dengan buckle yang tak terlalu ramai ditambah aksesori minimalis. Dress dan wide belt yang dipilih akan menentukan penampilan pemakaiannya, ke retro klasik atau glamour.
-Wide belt juga cocok dikenakan pada busana kerja, misalnya dengan celana panjang. Kalau kemeja dikeluarkan pun tak masalah, karena justru bisa menjaga bahan kemeja tetap pada proporsinya.
-Sebaiknya hindari mengenakan ikat pinggang dan suspender sekaligus karena akan terlihat berlebihan.
-Agar terlihat lebih serasi, biarkan warna wide belt senada dengan sepatu atau tali jam tangan Anda, agar lebih berkesan chic.
-Pada acara formal, hindari memakai wide belt dengan warna-warna cerah dan buckle yang ramai. Pilih yang klasik, yang berbahan kulit dengan warna netral. Saat ke pesta, bisa dicoba wide belt manik-manik atau kulit mengilap senada dengan gaun. Bisa pula wide belt berbahan satin dan pita agar memberi kesan lebih muda.
-Bagi perempuan yang berpostur tak terlalu tinggi dan kecil, sebaiknya gunakan skinny belt dengan aksen buckle mungil. Kenakan di bawah torso dan sebaiknya diberi kaitan dengan dress agar tak gampang bergeser. N zra

Dikutip dari Koran Jakarta edisi Minggu, 23 Agustus 2009

Written by Me

August 24, 2009 at 11:43 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: