Sihiteezra's Weblog

Love the Life You Live&Live the Life You Love

Bukan Perselingkuhan Biasa

leave a comment »

Bersama Jane, Jake merasa nyaman ketimbang dengan Agness yang usianya jauh lebih muda.

Cinta itu misteri. Dia bisa hinggap kapan dan di mana pun sesukanya. Termasuk pada pasangan suami istri Jane Adler (Meryl Streep) dan Jake Adler (Alec Baldwin). Meski telah bercerai selama satu dekade, pasangan yang pernah berikrar sehidup semati di altar suci ini kembali menemukan benih-benih cinta itu, dan berharap dapat bersama lagi.

« Adam kemudian
secara tak sengaja
memergoki Jake yang
sedang bugil di kamar
Jane melalui video
webcame Jane. »

Ceritanya, secara tak sengaja, keduanya bertemu di pesta seorang teman lama yang entah mengapa membuat Jake kembali melihat pesona Jane yang lebih istimewa menurutnya. Pertemuan itu berlanjut saat upacara kelulusan Luke (Hunter Parrish), putra mereka, di New York. Tinggal di hotel yang sama dan tanpa direncanakan bertemu di bar hotel, Jane dan Jake menghabiskan waktu, minum, mabuk, dan akhirnya kebersamaan itu berakhir di tempat tidur. Bersama Jane, Jake merasa nyaman ketimbang dengan Agness yang usianya jauh lebih muda dan putranya yang baru berusia lima tahun.

Pada usia lebih setengah baya, pria pengacara yang ditampilkan menawan, perayu, dan parlente itu penuh gairah saat bersama Jane. Sebaliknya dengan Agness, dia direpoti segala urusan tetek bengek kesehatan, termasuk harus melakukan pemeriksaan kesuburan beberapa hari sekali hanya karena istri mudanya tersebut menuntut ingin punya anak. Jane sendiri kini berbeda.

Perempuan paruh baya itu tinggal sendiri di rumahnya yang tenang dan teduh di Santa Barbara. Membuka toko roti dan kedai kopi. Kini, Jane, perempuan yang sukses membesarkan ketiga anaknya, tinggal di rumah nyaman, punya banyak teman, dan menjalani hidup lebih santai.

Berbeda dengan Jane yang dulu sibuk dengan usaha katering makanan dan roti demi membangun usaha kulinernya. Jane yang sepuluh tahun sebelumnya merasa dipecundangi suaminya Jake dengan memilih Agness, justru menjadi wanita idaman lain. Dengan pria yang sama, dan dia kini berposisi sebagai the other woman. Jane merasa hal itu seharusnya tidak terjadi, namun rayuan Jake dan rasa kesepian yang menderanya, membuat ibu tiga anak itu justru akhirnya setuju “rujuk” dengan Jake.

Di sebuah hotel saat akan berkencan, mereka dipergoki oleh Harley (John Krasinski), kekasih putrinya. Namun Harley bersedia merahasiakan hubungan gelap tersebut hingga tak seorangpun anak Jane dan Jake mengetahuinya. Lalu, lancarkah hubungan pasangan paruh baya itu? Ternyata tidak juga. Jane sempat kepincut Adam Schaff er (Steve Martin), arsitek yang sedang merenovasi rumahnya. Seperti halnya Jane, Adam juga pernah terluka akibat dikhianati pasangannya.

Jane dan Adam sempat berkencan meskipun tak direncanakan. Mereka lama- lama mulai dekat. Tapi Adam kemudian secara tak sengaja memergoki Jake yang sedang bugil di kamar Jane melalui video webcame Jane. Ini bagian klimaks dari fi lm tersebut. Apalagi, tak hanya Schaff er yang akhirnya mengetahui apa yang sedang terjadi, tapi juga ketiga anak Jane.

Tidak Rumit

It’s Compilcated memang bukan fi lm komedi romantis yang bertemakan perselingkuhan biasa. Yang berselingkuh justru pasangan yang pernah hidup bersama sebagai suami istri selama 20 tahun. Sesuatu yang mungkin juga terjadi dalam kehidupan nyata. Cinta memang kadang terasa lebih menakjubkan saat kesempatan kedua hadir, seperti yang dialami Jane dan Jake.

Cinta di antara mereka bukan sekadar gairah yang meluap-luap dengan ambisi menggapi mimpi masingmasing. Pada usia 50-an, keduanya merasa nyaman saat hidup tak lagi sesibuk dulu, tinggal berdua dalam kesepian, menikmati waktu sesukanya, tanpa harus diganggu kerepotan mengurus anak.

Tapi orang-orang di sekitar mereka mau tak mau harus diyakinkan untuk bisa menerima. Terlebih anak-anak yang trauma dengan perceraian. Kerumitan bukan terjadi dalam alur cerita atau masalah yang sangat berat. Kehidupan Jane justru digambarkan bahagia dan ringan dalam fi lm ini. Bukan pula antara pilihan menerima Jake atau mulai memupuk cinta dengan Adam, yang jadi masalah. Tapi apa yang sebenarnya terjadi dengan Jane.

Apakah dia hanya merindukan Jake dan nyaman kala seorang lelaki kembali menemani pada saat sendiri? Atau ada hal yang tak sempat mereka bicarakan pada saat yang lalu? Ya, itulah kerumitannya. Cinta toh bisa datang kapan saja, di mana saja, kepada siapa saja, tak perduli cinta baru atau cinta lama bersemi kembali, istilah anak muda sekarang CLBK. Reaksi dari rasa cinta itu pun bukan soal menerima dan menolak lagi. Cinta pada kesempatan kedua bisa begitu menggelora.

Namun berbicara dari hati ke hati justru memberi kelegaan yang sempurna. Itulah yang sebenarnya paling dibutuhkan dua orang yang pernah dibuai cinta sekaligus pernah dilukai. Nancy Meyers, sang sutradara, jeli melihat sisi ini. Hal itu tak mengherankan, karena dia sering membuat film-film komedi romantis sejak tahun 1980-an. What Women Want, bisa disebut sebagai salah satu misal. Film yang rilis tahun 2000 ini bahkan dianggap film Meyers yang paling sukses. Film yang dibintangi Mel Gilbson dan Helen Hunt ini bercerita tentang pria yang ingin bisa mengetahui hati semua perempuan yang dia temui.

What Women Want dianggap sukses karena kala itu mampu meraup keuntungan 183 juta dollar AS di Amerika Serikat dan seluruh dunia (370 juta dollar AS). Belum tahu apakah It’s Complicated pun akan mendapat respons sama. Yang pasti, fi lm berdurasi dua jam yang dirilis pada 25 Desember tahun lalu ini, secara umum mendapat tanggapan positif dari para pengulas dan kritikus fi lm Amerika.

Pada pekan pertama penayangannya, It’s Complicated berada di posisi ke-4 setelah Avatar, Sherlock Holmes, dan Alvin and Th e Chipmunks : Th e Squekquel. Selain keunikan temanya, nama besar Streep sebagai aktris papan atas yang menyabet puluhan penghargaan fi lm dari seluruh dunia, sepertinya menjadi salah satu magnet bagi penonton untuk melihat fi lm ini. Begitu pun dengan Alec Baldwin dan Steve Martin, aktor-aktor yang punya karakter kuat membintangi sejumlah fi lm drama. Terbukti National Board of Review Awards tahun ini menganugerahi ketiga pemain di atas sebagai best cast. _ ezra sihite

Dikutip sepenuhnya dari Koran Jakarta edisi 14 Maret 2010

Written by Me

May 12, 2010 at 8:58 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: